HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS I CAWU III DI S MU NEGERI I JEMBER TAHUN PELAJARAN 2000/2001
Abstract
keberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan
kegiatan belajar di sekolah. Peranan guru dalam proses belajar mengajar sangat
terpengaruh karena guru bukan hanya sebagai pengajar yang menyampaikan
mata pelajaran saja tetapi juga harus memperhatikan apakah siswanya
rnempunyai motivasi dalam kegiatan belajar. Pemberian motivasi belajar terhadap
siswa dimaksudkan agar siswa mampu untuk meningatkan aktivitas belajarnya
secara optimal. Dan sinilah muncul J)l!nnasalahan yaitu adakah hubungan antara
motivasi belajar fisika dengan prestasi belajar fisika kelas I cawu III di SMU
Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2000/2001. Pengambllan data dilakukan dengan
cara metode dokumenter, observasi, angket. Adapun responden diambil dengan
mengadakan uji homognitas terlebih dahulu dari keseluruh kelas I berdasarkan
nilai ulangan harian cawu II dengan menggunakan rumus anava tunggal dengan mempcrhatikan N : 80 dan tingkat sigmfikan 5%,harga
koefisien korelasi tersebut lebih besar dari harga kritiknya 0,220 dan termasuk.
kedalam korelasi sempurna Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara motivasi belajar fisika dengan prestasi belajar
fisika di SMU Negeri I Jember kelas I cawu Ill Tahun Pelajaran 2000/2001.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]