TUGAS MEMBUAT SOAL FISIKA DAN PENYELESAIANNYA DARI FOTO KEJADIAN FISIKA DALAM PEMBELAJRAN FISIKA DI TINGKAT SMU (Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Kelas I Cawu II MAN I Jember Tahun Pelajaran 1999/2000)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara diajar menggunakan metode tugas membuat soal fisika dan penyelesainnya dari foto kejadian fisika dengan yang diajar secara konvensional siswa kelas I cawu II MAN Jember 2) mengetahui sejauhmana efektifitas penggunaan metode tugas membuat soal fisika dan penyalesaiannya dalam pembelajaran fisika siswa kelas I cawu II MAN Jember. Secara teoritis tugas membuat soal dan penyelesainnya dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu melalui penerapan metode tuga smembuat soal fisikadan penyelesainya dari foto kejadianfisika yang disediakan dalam pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus t-tes . Hasil analisis data diperoleh angka sebesar 3,78. Ini menunjukkan adanya perbedaan antara yang diajar menggunakan metode tugas dilengkapi foto kejadian fisika dengan yang diajar konvensional, walaupun nilainya kecil dan berdasarkan perhitungan metode tugas membuat soal fisikadan penyelesainnya mempunyai efektifitas 15,23%. Sehingga dengan dmikian metode tugas membuat permasalahan fisika dan penyelesainnya dari foto kejadian fisika dapat membantudalam proses belajar mengajar guna meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa dan metode tugas membuat soal fisika dan penyelesainnya cukup efektif apabila diterapkan dalam pembelajaran
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
RESPON GURU FISIKA TERHADAP SILABUS FISIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi pada Guru Fisika SMA Negeri di Kotatif Jember)
Samsul Muarif (2014-01-22)Pendidikan merupakan faktor yang sangat menentukan bagi kualitas kehidupan bangsa. Langkah maju dalam dinamika pendidikan nasional yang telah dilakukan oleh Depdiknas adalah penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ... -
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ...