• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (312)-_1.pdf (628.7Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    SOLAHUDIN AL AYUBI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran yang lebih berpusat pada guru dari pada berpusat kepada kemampuan siswa, sehingga siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam belajar yang menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Oleh karena itu perlu adanya alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengkaji apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMP kelas VIII, dan (2) untuk mengkaji apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan randomized posttest only control group design. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area yaitu SMP Negeri 1 Rambipuji. Responden penelitian ditentukan dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Data diambil dengan menggunakan metode angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua menggunakan uji t. Hasil analisis data untuk rumusan masalah yang pertama pada penelitian ini bahwa hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima, artinya bahwa rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata motivasi belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil penilaian untuk ratarata skor motivasi belajar kelas eksperimen adalah 118,18 dan rata-rata skor untuk kelas kontrol adalah 107,51. Adapun rata-rat setiap indikator motivasi belajar siswa yaitu attention, relevance, confidence, dan satisfaction diperoleh data bahwa rata-rata setiap indikator motivasi pada kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata setiap indikator motivasi belajar di kelas kontrol. Rata-rata setiap indikator attention, relevance, confidence, dan satisfaction berturut-turut adalah (30,03), (29,82), (28,58), (29,76), dan untuk kelas kontrol berturut-turut adalah (25,46), (27,43), (26,51), (26,14). Hasil analisis data untuk rumusan masalah yang kedua pada penelitian ini bahwa hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima, artinya bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh, bahwa rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen adalah 73 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 65,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen dengan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 1 Rambipuji kelas VIII, (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen dengan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 1 Rambipuji kelas VIII.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21846
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Model Analisis Kejadian Riil Lingkungan Desertai Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika di SMP (Studi Eksperimen Pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas VIII semester Genap Tahun Ajaran 2008/2009) 

      Ninik Agustina (2014-01-27)
      RINGKASAN Model Analisis Kejadian Riil Lingkungan Desertai Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika di SMP (Studi Eksperimen Pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas VIII semester Genap Tahun Ajaran 2008/2009); Ninik ...
    • PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VIII E SMP NEGERI 1 BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012 

      ARIK AGUK WARDOYO (2013-08-20)
      Berdasarkan data pra siklus yang dilakukan pada tanggal 24 Januari 2012 di kelas VIII E SMP Negeri 1 Balung, ditemukan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah. Berdasarkan ...
    • PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DISERTAI LKS DENGAN SISTEM KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Kalor Pada Siswa Kelas II Semester III SMP Negeri I Kalisat Tahun Pelajaran 2005/2006) 

      MOH. SYAIFUL ARIFIN (2014-01-29)
      Metode Eksperimen merupakan cara penyajian pelajaran dimana siswa melakukan percobaan untuk membuktikan sendiri teori yang dipelajari. Dalam proses belajar mengajar siswa diberi kesempatan untuk melakukan atau membuktikan ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository