Show simple item record

dc.contributor.authorS. Alif Naini Amaliyah
dc.date.accessioned2015-02-05T00:55:44Z
dc.date.available2015-02-05T00:55:44Z
dc.date.issued2015-02-05
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61264
dc.description.abstractBerhasilnya proses belajar mengajar dapat diketahui dari hasil belajar siswa. Guna mengetabui hasil belajar siswa, guru tidak banya melibat nilai siswa saja akan tetapi juga bagaimana cara siswa tersebut mengerjakan atau menyelesaikan soal-soal lbih yang diberikan.Dalam kenyataannya bahwa didalan1 kelas terdapat siswa yang mempunyai kemampuan intelektual tidak sama. Anggapan masyarakat bahwa anak yang nilai IQ-nya tinggi maka akan lebib mampu menyelesaikan soal tisika dibandingkan dengan anak yang IQ-nya lebih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persentase kemampuan siswa kelas II SLTP dalam menyele saikan soal-soal fisika menurut Polya ditinjau dari tingkat intelegensinya. Manfaat dari penelitian ini terutama bagi guru adalah guru dapat mengantisipasi dan mempersiapkan diri untuk menentukan langkah-langkah yang tepat jika menemukan kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal fisika yang dilakukan siswanya. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampmm siswa kelas 11 SL1T dalam menyelesaikan soal-soal fisika menurut Polya ditinjau dari tingkat intelegensi Metode yang digunakan untuk menbrumpulkan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase yang berlak:u untuk setiap kelompok tingkat intelegensi. Penelitian ini bersifat deskriptif yang datanya berupa frekuensi dan persentase. Subyek yang diteliti terdiri atas tiga puluh sembilan lembar jawaban soal fisika kelas II SLTP untuk semua pokok babasan fisika kelas I. Hasil analisis data kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut Polya diperoieh persentase terbesar untuk semua langkah adalah siswa dengan IQ di atas rata-rata, yaitu unruk langkah I 91,6%, langkah II 85,7%, langkah III 80,9% dan langkah IV 47,3%. Persentase terendah untuk semua langkah diperoleb siswa dengan IQ rata-rata bawah, yaitu langkah I 82,3%, langkab II 9%, langkah III 62,5% dan iangkah IV 25% dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut Polya dicapai dengan baik oleh siswa dengan IQ di atas rata-rata.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectKEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA MENURUT POLYA DITINJAU DARI TINGKAT INTELEGENSIen_US
dc.titleKEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA MENURUT POLYA DITINJAU DARI TINGKAT INTELEGENSI (Studi Deskrtptif Pada Slswa Kelas II Cawu I dl SLTP Necerl S Bangkalan Madura Tahun 1999)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record