KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA MENURUT POLYA DITINJAU DARI TINGKAT INTELEGENSI (Studi Deskrtptif Pada Slswa Kelas II Cawu I dl SLTP Necerl S Bangkalan Madura Tahun 1999)
Abstract
Berhasilnya proses belajar mengajar dapat diketahui dari hasil belajar siswa. Guna
mengetabui hasil belajar siswa, guru tidak banya melibat nilai siswa saja akan tetapi
juga bagaimana cara siswa tersebut mengerjakan atau menyelesaikan soal-soal lbih
yang diberikan.Dalam kenyataannya bahwa didalan1 kelas terdapat siswa yang
mempunyai kemampuan intelektual tidak sama. Anggapan masyarakat bahwa anak
yang nilai IQ-nya tinggi maka akan lebib mampu menyelesaikan soal tisika
dibandingkan dengan anak yang IQ-nya lebih rendah. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah bagaimana persentase kemampuan siswa kelas II SLTP dalam menyele saikan
soal-soal fisika menurut Polya ditinjau dari tingkat intelegensinya. Manfaat dari
penelitian ini terutama bagi guru adalah guru dapat mengantisipasi dan mempersiapkan
diri untuk menentukan langkah-langkah yang tepat jika menemukan kesulitan
dalam menyelesaikan soal-soal fisika yang dilakukan siswanya. Tujuan yang ingin
dicapai pada penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampmm siswa kelas 11 SL1T
dalam menyelesaikan soal-soal fisika menurut Polya ditinjau dari tingkat intelegensi
Metode yang digunakan untuk menbrumpulkan data dalam penelitian ini adalah
dokumentasi, tes dan observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan rumus persentase yang berlak:u untuk setiap kelompok tingkat
intelegensi. Penelitian ini bersifat deskriptif yang datanya berupa frekuensi dan
persentase. Subyek yang diteliti terdiri atas tiga puluh sembilan lembar jawaban soal
fisika kelas II SLTP untuk semua pokok babasan fisika kelas I. Hasil analisis data
kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut Polya diperoieh persentase
terbesar untuk semua langkah adalah siswa dengan IQ di atas rata-rata, yaitu unruk
langkah I 91,6%, langkah II 85,7%, langkah III 80,9% dan langkah IV 47,3%.
Persentase terendah untuk semua langkah diperoleb siswa dengan IQ rata-rata bawah,
yaitu langkah I 82,3%, langkab II 9%, langkah III 62,5% dan iangkah IV 25% dari
hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika
menurut Polya dicapai dengan baik oleh siswa dengan IQ di atas rata-rata.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]