PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE EKSPERIMEN (Studt Deskrlptlf Hasll Belajar Sub Pokok Bahasan Gaya ya~t~~g Bekerja pada PerMukaan Memberikan Tekanan pada Kelas I D Cawu II SLTP Necerl 12 jember Tahun Pembelajaran 1999/2000)
Abstract
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu
diantaranya adalah penggunaan metode pengajaran. Penggunaan metode pengajaran
yang tepat akan sangat membantu siswa dalam menerima materi pelajaran.
Permasalahan yang muncul adalah "sejauh manakah hasil bela jar siswa kelas 1 D
cawu II SLTP Negeri 12 Jember pada sub pokok bahasan gaya yang bekeija pada
pemukaan memberikan tekanan".
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin meneliti tingkat
keberhasilan belajar siswa pada sub pokok bahasan gaya yang bekeija pada
pennukaan memberikan tekanan dengan metode eksperimen.
Penelitian ini dimulai sejak tanggal 20 Januari sampai dengan 27 Januari 2000
di SL TP Negeri 12 Jember. Usaha untuk menemukan jawaban pennasalahan diawali
dengan melakukan eksperimen/praktikum tentang sub pokok bahasan gaya yang
bekeija pada permukaan memberikan tekanan pada siswa kelas lD cawu II SL TP
Negeri 12 Tahun Pembelajaran 1999/2000. Data diambil dari 45 responden, metode
pengambilan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Responden diambil
secara populasi dengan teknik undian. Adapun proses pembelajaran dilakukan dengan
jalan memberi LKS pada tiap-tiap pertemuan untuk didiskusikan sacara kelompok.
Untuk menganalisis data digunakan rumus Taraf Pencapaian (TP). Hasil
analisis data menunjukkan "Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen (Studi
Deskriptif tentang sub pokok bahasan gaya yang bekeija pada permukaan
memberikan tekanan kelas lD cawu II SL TP Negeri 12 Jember Tahun Pembelajaran
1999/2000)". Mengalami peningkatan dari 57,77 % menjadi 91 ,11% dan diperoleh
nilai efektifitas 21 ,43%.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]