HASIL BELAJAR FISIKA ANT ARA YANG OIAJAR MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI DENGAN DAN TANPA MEDIA KOMPUTER ( Studi Konsep bola lang it di MAN I Jember kelas II cawu 3 Tahun Palajaran 1997/1998)
Abstract
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekknologi, komputer tidak
hanya digunakan sebagai alat hitung tetapi komputer mulai digunakan sebegai alat bantu
dalam proses bela jar mengajar. Media komiputer dengan beberapa kelebihannya diyakini
dapat meningkatkan basil belajar siswa. Namnn demikian media komputer masih jarang
digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga timbul permasalahannya ~Adakah
perbedaan basil belajar fiaika antara yang diajar menggw18kan metode ekspositori
disertai media komputer dan tanpa media komputer peda konsep bola langit di MAN I
Jember kelas II cawu 3 tahun pelajaran 1997/1998 serta manaknh hasil bela jar fisika
yang lebih baik antara yang diajar menggunakan metode ekspositori disertai media
komputer dan tanpe media komputer pada konsep bola langit eli MAN I Jember kelas ll
cawu 3 tahnn pelajaran 1997/1998".
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan basil belajar fisika
antara yang diajar menggunakan metode ekspositori disertai medjn komputer dan tanpa
media komputer pada konsep bola langit di MAN I Jember kelas ll cawu 3 tahun
pelajaran 1997/1998 serta untuk mengetahui manakah basil bela jar fisi.ka yang lebih
baik
Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode cluster random
sampling dengan teknik undian, yang sebehmmya telah diujihomogenitasnya untuk
mengetahui kemampuan aa1 siswa dalam mata pelajoran .fisilca dengan menggtmakan
analisis statistik t-tes.
Berdasarlcan basil analisis data dapet disimpulkan bahwa ada perbedaan basil
relajar .fisika antara yang diajar menggunakan metode ekspositori disertai media
komputer dan tanpa media komputer peda konsep bola langit di MAN I Jember kelas II
cawu 3 tahun pelajaran 1997/1998, ttirnaM basil belajar .fisika yang diajar menggunakan
metode ekspositori disertai media komputer lebih efektif34,65 %.
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]