Show simple item record

dc.contributor.authorIndayati
dc.date.accessioned2015-02-04T03:13:00Z
dc.date.available2015-02-04T03:13:00Z
dc.date.issued2015-02-04
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61248
dc.description.abstractMasalah evaluasi terrnasuk salah satu masalah yang banyak diperbincangkan baik oleh para ahli pendirukan, khususnya para guru yang sehari-hari terlibat langsung dalam proses pendidikan di sekolah, Dalam semua pembahasan sistem Instruksional, pembahasan tentang sistem evaluasi hasil belajar menempati pusat perhatian tersendiri. Bahkan di pandang bahwa sistem evaluasi adalah komponen yang terpenting, karena erat sekali hubungannya dengan usaha peningkatan mutu, relevansi dan efisiensi pendidikan. Adapun perrnasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kriteria alat evaluasi basil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk rnenghasilkan alat evaluasi (tes) yang valid, reliabel serta memiliki daya pembeda dan indeks kesukaran. Kegiatan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi guru fisika SL TP 4 Jember untuk penyempurnaan membuat tes Cawu. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan cara ditetapkan yaitu di SL TP 4 Jember. Data didapatkan dari tes hasil belajar. Pengambilan data di Jakukan pada tanggal 8 pebruari 2001 dan 15 pebruari 2001 terhadap 46 siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Dalam penelitian pengembangan ini yang akan dianalisis adalah validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran, sedangkan tes hasil belajar yang baik (yang dapat mengukur kemampuan siswa sebenamya) adalah yang memiliki reliabilitas tinggi (antara 0,600 s/d 0,800), daya pembeda antara 0,40 s/d 0,70 dan indeks kesukaran 0,30 s!d 0,7. Hasil analisa dari 30 item pada uji coba I dan II menghasilkan reliabilitas yang tinggi yaitu 0,65 dan daya pembeda (antara 0,25 s/d 5,8) dan indeks kesukaran (antara 0,20 s/d 0,87) serta validitas yang signifikan. Dari uji coba I ini ada item yang diperbaiki karena memiliki daya pembeda yang jelek, item yang sudah diperbaiki tersebut diujocobakan Iagi yang ke dua. Dan tes yang dihasilkan dalam penelitian ini sebanyak . 23 item, hal ini karena pada ujicoba kedua ada 7 item yang daya pembeda jelek, jadi perlu digugurkan. Saran kepada guru bidang studi fisika hendaknya sebelum membuat tes, memperhatikan soal-soa1 yang akan dipakai untuk ujian cawu dan tes tersebut perlu diujicobakan terlebih dahulu.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN ALAT EVALUASI (TES) HASIL BELAJAR SISWA SLTP KELAS II BIDANG STUDI FISIKAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN ALAT EVALUASI (TES) HASIL BELAJAR SISWA SLTP KELAS II BIDANG STUDI FISIKA ( Studi tentang kriteria pembuatan tes ( evaluasi) pada pokok bahasan bunyi dan cahaya)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record