PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI (TES) HASIL BELAJAR SISWA SLTP KELAS II BIDANG STUDI FISIKA ( Studi tentang kriteria pembuatan tes ( evaluasi) pada pokok bahasan bunyi dan cahaya)
Abstract
Masalah evaluasi terrnasuk salah satu masalah yang banyak diperbincangkan baik
oleh para ahli pendirukan, khususnya para guru yang sehari-hari terlibat langsung
dalam proses pendidikan di sekolah, Dalam semua pembahasan sistem
Instruksional, pembahasan tentang sistem evaluasi hasil belajar menempati pusat
perhatian tersendiri. Bahkan di pandang bahwa sistem evaluasi adalah komponen
yang terpenting, karena erat sekali hubungannya dengan usaha peningkatan mutu,
relevansi dan efisiensi pendidikan. Adapun perrnasalahan dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah kriteria alat evaluasi basil belajar yang baik. Penelitian ini
bertujuan untuk rnenghasilkan alat evaluasi (tes) yang valid, reliabel serta
memiliki daya pembeda dan indeks kesukaran. Kegiatan penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaat khususnya bagi guru fisika SL TP 4 Jember untuk
penyempurnaan membuat tes Cawu. Penentuan daerah penelitian dilakukan
dengan cara ditetapkan yaitu di SL TP 4 Jember. Data didapatkan dari tes hasil
belajar. Pengambilan data di Jakukan pada tanggal 8 pebruari 2001 dan 15
pebruari 2001 terhadap 46 siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes dan
metode dokumentasi. Dalam penelitian pengembangan ini yang akan dianalisis
adalah validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran, sedangkan tes
hasil belajar yang baik (yang dapat mengukur kemampuan siswa sebenamya)
adalah yang memiliki reliabilitas tinggi (antara 0,600 s/d 0,800), daya pembeda
antara 0,40 s/d 0,70 dan indeks kesukaran 0,30 s!d 0,7. Hasil analisa dari 30 item
pada uji coba I dan II menghasilkan reliabilitas yang tinggi yaitu 0,65 dan daya
pembeda (antara 0,25 s/d 5,8) dan indeks kesukaran (antara 0,20 s/d 0,87) serta
validitas yang signifikan. Dari uji coba I ini ada item yang diperbaiki karena
memiliki daya pembeda yang jelek, item yang sudah diperbaiki tersebut
diujocobakan Iagi yang ke dua. Dan tes yang dihasilkan dalam penelitian ini
sebanyak . 23 item, hal ini karena pada ujicoba kedua ada 7 item yang daya
pembeda jelek, jadi perlu digugurkan. Saran kepada guru bidang studi fisika
hendaknya sebelum membuat tes, memperhatikan soal-soa1 yang akan dipakai
untuk ujian cawu dan tes tersebut perlu diujicobakan terlebih dahulu.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]