ANALISIS DAYA SERAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL POKOK BAHASAN MEMADU GERAK PADA SISWA KELAS 1-4 CAWU I SMUN I ARJASA JEMBER TAHUN PELAJARAN 1998/1999
Abstract
Daya serap siswa adalah pemahaman dari seorang siswa tentang suatu materi
pelajaran yang bentpa angka atau nilai yang diperoleh siswa tersebut setelah seorang
guru menggadakan tes pembelajaran dari konsep yang telah diajarkan. Sedangkan
pembelajaran remedial yaitu suatu pembeljaran perbaikan yang dilakukan untuk
memberikan bantuan pada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Selama ini daya
serop siswa dalam pembelajaran tisika itu masih rendah, hal ini disebabkan oleb
fal1or internal dan fa.ktor ekstemal sehingga diperlukan pembelajaran
remedial.Pennac;alahan yang timbul yaitu : Bagaimanakah profil daya serap siLWa
dalmn pembelajaran pokok bahasan memadu gerak?, dapatkah pemberian remedial
meningkatkan daya serap siswa1, dan sejaub mana peningkatan daya serap siswa itu?.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui daya serap siswa dalam pembelajaran
remedial, untuk mengetahui efektifitas pembelajaran remedial dan untuk mengetahui
peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran remedial. Penelitian ini
dilaksanakan di SMUN I Arjasa Jember kelas 14 . Hasil penelitiao diperoleh bahwa
daya serap si~wa dalam pembelajaran awal yaitu sebesar 39%; pembelajaran remedial
I sebesar 61 %~ dan pembelajaran remedial ll sebesar 88%. Jadi dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran remedial dapat meningkatkan daya serap siswa. Hasil penelitian
ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, pihak sekolah dan dapat dijadikan
bahan pertimbangan bagi peneliti lain yang benninat untuk memperdalam lebih
lanjut.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]