Show simple item record

dc.contributor.authorNunung Ary Sulistiyani
dc.date.accessioned2015-02-02T07:38:10Z
dc.date.available2015-02-02T07:38:10Z
dc.date.issued2015-02-02
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61204
dc.description.abstractHasil belajar seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu diantanmya adalah penggunakan pendekatan dalam pembelajaran. Penggunakan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran akan membantu siswa untuk menerima materi pelaja-an sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah "adakah perbedaan basil belajar fisika antara yang menggunakan pendekatan ekspositori dan yang menggunakan pendekatan inkuiri pada pokok bahasan energi siswa kelas I cawu TII di SLTP N 11 Jember tahun pelajaran 1998/1999 dan basil belajar manakah yang lebih baik an tara yang menggunakan pendekatan ekspositori dan pendekatan inkuiri ? Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui ada dan tidaknya perbedaan yang signifikan basil belajar fisika antara yang menggunakan pendekatan ekspositori dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada pokok bahasan energi siswa kelas I cawu m di SLTP N 11 Jember tahun pelajaran 1998/1999, (2) mengetahui basil belaja- fisika manakah yang lebih baik antara yang menggunakan pendekatan ekspositori dan yang menggunakan pendekatan inkuiri. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Penarikan sampel dilakukan dengan cluster nmdom sampling. Kelas yang dijadikan sampel sebanyak dua kelas dari empat kelas yang ada Kelas yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas m sebagai kelas inkuiri (kelas eksperimen n dan kelas ID sebagai kelas ekspositori (kelas eksperimen In. Uji statistik yang digunakan adalah uji t-tes untuk mengetahui perbedaan basil belajar fisika yang menggunakan pendekatan ekspositori dan pendekatan inkuiri. Pengambilan data ini dimulai pada tanggal 10 maret 1999 sampai dengan 24 maret 1999. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan basil belajar fisika yang menggunakan pendekatan ekspositori dan pendekatan inkuiri. Hasil belajar fisika yang menggunakan pendekatan inkuiri lebih baik dibanding hasil belajar yang menggunakan pendekatan ekspositori.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DAN PENDEKATAN INKUIRen_US
dc.titleHASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DAN PENDEKATAN INKUIRI (Studi Komparatif Hasil Belajar Fisika kelas I cawu Ill Pokok Bahasaa Energi di SLTP Negeri 11 Jember Tahun Pelajaran 1998/1999)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record