• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DAN PENDEKATAN INKUIRI (Studi Komparatif Hasil Belajar Fisika kelas I cawu Ill Pokok Bahasaa Energi di SLTP Negeri 11 Jember Tahun Pelajaran 1998/1999)

    Thumbnail
    View/Open
    Nunung Ary sulistyani.pdf (1.526Mb)
    Date
    2015-02-02
    Author
    Nunung Ary Sulistiyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu diantanmya adalah penggunakan pendekatan dalam pembelajaran. Penggunakan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran akan membantu siswa untuk menerima materi pelaja-an sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah "adakah perbedaan basil belajar fisika antara yang menggunakan pendekatan ekspositori dan yang menggunakan pendekatan inkuiri pada pokok bahasan energi siswa kelas I cawu TII di SLTP N 11 Jember tahun pelajaran 1998/1999 dan basil belajar manakah yang lebih baik an tara yang menggunakan pendekatan ekspositori dan pendekatan inkuiri ? Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui ada dan tidaknya perbedaan yang signifikan basil belajar fisika antara yang menggunakan pendekatan ekspositori dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada pokok bahasan energi siswa kelas I cawu m di SLTP N 11 Jember tahun pelajaran 1998/1999, (2) mengetahui basil belaja- fisika manakah yang lebih baik antara yang menggunakan pendekatan ekspositori dan yang menggunakan pendekatan inkuiri. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Penarikan sampel dilakukan dengan cluster nmdom sampling. Kelas yang dijadikan sampel sebanyak dua kelas dari empat kelas yang ada Kelas yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas m sebagai kelas inkuiri (kelas eksperimen n dan kelas ID sebagai kelas ekspositori (kelas eksperimen In. Uji statistik yang digunakan adalah uji t-tes untuk mengetahui perbedaan basil belajar fisika yang menggunakan pendekatan ekspositori dan pendekatan inkuiri. Pengambilan data ini dimulai pada tanggal 10 maret 1999 sampai dengan 24 maret 1999. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan basil belajar fisika yang menggunakan pendekatan ekspositori dan pendekatan inkuiri. Hasil belajar fisika yang menggunakan pendekatan inkuiri lebih baik dibanding hasil belajar yang menggunakan pendekatan ekspositori.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61204
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6321]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository