dc.contributor.author | Weni Eka Wahyuni | |
dc.date.accessioned | 2015-01-30T01:39:12Z | |
dc.date.available | 2015-01-30T01:39:12Z | |
dc.date.issued | 2015-01-30 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61162 | |
dc.description.abstract | Dalam upaya untuk meningkatkan basil belajar siswa diperlukan sekali
ide-ide guru untuk menciptakan situasi proses belajar mengajar yang membantu
siswa untu.k lebih memahami isi pelajaran. Fakta menunjukkan untuk pelajaran
biologi yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang didominasi oleh hafalan dan
banyak istilah-istilah yang sulit dimengerti. Salah satu cara untuk mengatasi
keadaan tersebut yang dapat dilakukan guru adalah dengan pertolongan
pembuatan peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh pengajaran dengan peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa.
Data diperoleh dari 25 pasang siswa yang merupakan siswa identik .. Kelas IA
sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IB sebanyak 25 orang sebagai
kelas eksperimen. Untuk mendapatkan siswa identik dengan melihat selisih nilai
terkecil dari nilai yang didapat pada saat pre tes. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pembelajaran menggunakan peta konsep sangat meningkatkan hasil belajar
pada siswa (p<0,01) pada bahan kajian organisasi kehidupan. Dengan demikian
dapat diartikan ada perbedaan yang sangat signifikan dalam hasil belajar yang
diajar dengan menggunakan peta konsep dan yang tidak menggunakan peta
konsep. Nilai rata-rata basil pengajaran dengan peta konsep 75,92 dengan
kenaikan sebesar 29,12 sedangkan hasil pengajaran tanpa peta konsep ( ceramah)
sebesar 60,88 dengan kenaikan 13,8. | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI BAHAN KAJIAN ORGANISASI KEHIDUPAN | en_US |
dc.title | PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI BAHAN KAJIAN ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS I CAWU I SLTPN I WONOMERTO PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2001/2002 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |