• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI BAHAN KAJIAN ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS I CAWU I SLTPN I WONOMERTO PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2001/2002

    Thumbnail
    View/Open
    Weni Eka Wahyuni_irh.pdf (896.4Kb)
    Weni Eka Wahyuni_irh.pdf (896.4Kb)
    Date
    2015-01-30
    Author
    Weni Eka Wahyuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam upaya untuk meningkatkan basil belajar siswa diperlukan sekali ide-ide guru untuk menciptakan situasi proses belajar mengajar yang membantu siswa untu.k lebih memahami isi pelajaran. Fakta menunjukkan untuk pelajaran biologi yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang didominasi oleh hafalan dan banyak istilah-istilah yang sulit dimengerti. Salah satu cara untuk mengatasi keadaan tersebut yang dapat dilakukan guru adalah dengan pertolongan pembuatan peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengajaran dengan peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa. Data diperoleh dari 25 pasang siswa yang merupakan siswa identik .. Kelas IA sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IB sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen. Untuk mendapatkan siswa identik dengan melihat selisih nilai terkecil dari nilai yang didapat pada saat pre tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan peta konsep sangat meningkatkan hasil belajar pada siswa (p<0,01) pada bahan kajian organisasi kehidupan. Dengan demikian dapat diartikan ada perbedaan yang sangat signifikan dalam hasil belajar yang diajar dengan menggunakan peta konsep dan yang tidak menggunakan peta konsep. Nilai rata-rata basil pengajaran dengan peta konsep 75,92 dengan kenaikan sebesar 29,12 sedangkan hasil pengajaran tanpa peta konsep ( ceramah) sebesar 60,88 dengan kenaikan 13,8.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61162
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6319]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository