Show simple item record

dc.contributor.authorAnik Rumpiati
dc.date.accessioned2015-01-29T01:15:14Z
dc.date.available2015-01-29T01:15:14Z
dc.date.issued2015-01-29
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61132
dc.description.abstractPersepsi siswa tentang sifat mata pelajaran biologi adalah berbeda. Ada yang mempunyai persepsi biologi itu mata pelajaran eksperimen dan ada pula siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran hafalan. Tentu saja persepsi yang berbeda ini dapat berpengaruh terhadap basil belajar biologi siswa. Permasalahannya adalah (1) apakah perbedaan persepsi siswa tentang sifat mata pelajaran biologi sebagai mata pelajaran eksperimen dan biologi sebagai mata pelajaran hafalan berpengaruh signifikan terhadap basil belajar biologi, (2) apakah hasil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran eksperimen lebih baik dibanding basil belajar siswa yang merpersepsi biologi sebagai mata pelajaran hafalan. Penelitian ini dilakukan tanggal 1 Februari sarnpai dengan 1 Juni 2002. Untuk menemukan jawaban masalah diawali dengan mengkaji teori, yang kemudian dirumuskan dalam hipotesis sebagai berikut : (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang biologi sebagai mata pelajaran eksperimen dan biologi sebagai mata pelajaran hafalan terhadap basil belajar biologi, (2) basil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran eksperimen lebih baik dibanding basil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran hafalan. Data diambil dari 80 siswa kelas 1 SLTP Negeri 2 Rowokangkung~ Lumajang yang menjadi responden penelitian. Metode pengumpulan data meJiputi metode dokumenter, angket, dan wawancara. Untuk menganilisis data digunakan analisis statistik Uji-Z dengan angka kasar n1 # n2. Hasil analisis data didapatkan harga Z yang disesuaikan dengan area dan ordinat kurva normal adalah 99,98% terdapat dalarn daerah penerimaan hipotesis kerja kurva Two -tailed test 99% dan One-tailed test 99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang biologi sebagai mata pelajaran eksperimen dan biologi sebagai mata petajaran hafalan terhadap basil belajar biologi dan basil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran eksperimen jauh lebih baik dibanding basil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran bafalan.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENGARUH PERBEDAAN PERSEPSI SISWA TENTANG SIFAT MATA PELAJARAN BIOLOGIen_US
dc.titlePENGARUH PERBEDAAN PERSEPSI SISWA TENTANG SIFAT MATA PELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record