PENGARUH PERBEDAAN PERSEPSI SISWA TENTANG SIFAT MATA PELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
Abstract
Persepsi siswa tentang sifat mata pelajaran biologi adalah berbeda. Ada
yang mempunyai persepsi biologi itu mata pelajaran eksperimen dan ada pula
siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran hafalan. Tentu saja
persepsi yang berbeda ini dapat berpengaruh terhadap basil belajar biologi siswa.
Permasalahannya adalah (1) apakah perbedaan persepsi siswa tentang sifat mata
pelajaran biologi sebagai mata pelajaran eksperimen dan biologi sebagai mata
pelajaran hafalan berpengaruh signifikan terhadap basil belajar biologi, (2) apakah
hasil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran eksperimen
lebih baik dibanding basil belajar siswa yang merpersepsi biologi sebagai mata
pelajaran hafalan. Penelitian ini dilakukan tanggal 1 Februari sarnpai dengan 1 Juni
2002. Untuk menemukan jawaban masalah diawali dengan mengkaji teori, yang
kemudian dirumuskan dalam hipotesis sebagai berikut : (1) ada perbedaan
pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang biologi sebagai mata
pelajaran eksperimen dan biologi sebagai mata pelajaran hafalan terhadap basil
belajar biologi, (2) basil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata
pelajaran eksperimen lebih baik dibanding basil belajar siswa yang mempersepsi
biologi sebagai mata pelajaran hafalan. Data diambil dari 80 siswa kelas 1 SLTP
Negeri 2 Rowokangkung~ Lumajang yang menjadi responden penelitian. Metode
pengumpulan data meJiputi metode dokumenter, angket, dan wawancara. Untuk
menganilisis data digunakan analisis statistik Uji-Z dengan angka kasar n1 # n2.
Hasil analisis data didapatkan harga Z yang disesuaikan dengan area dan ordinat
kurva normal adalah 99,98% terdapat dalarn daerah penerimaan hipotesis kerja
kurva Two -tailed test 99% dan One-tailed test 99%. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang
biologi sebagai mata pelajaran eksperimen dan biologi sebagai mata petajaran
hafalan terhadap basil belajar biologi dan basil belajar siswa yang mempersepsi
biologi sebagai mata pelajaran eksperimen jauh lebih baik dibanding basil belajar
siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran bafalan.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]