• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PERBEDAAN PERSEPSI SISWA TENTANG SIFAT MATA PELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

    Thumbnail
    View/Open
    Anik Rumpiati.pdf (1.727Mb)
    Date
    2015-01-29
    Author
    Anik Rumpiati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Persepsi siswa tentang sifat mata pelajaran biologi adalah berbeda. Ada yang mempunyai persepsi biologi itu mata pelajaran eksperimen dan ada pula siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran hafalan. Tentu saja persepsi yang berbeda ini dapat berpengaruh terhadap basil belajar biologi siswa. Permasalahannya adalah (1) apakah perbedaan persepsi siswa tentang sifat mata pelajaran biologi sebagai mata pelajaran eksperimen dan biologi sebagai mata pelajaran hafalan berpengaruh signifikan terhadap basil belajar biologi, (2) apakah hasil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran eksperimen lebih baik dibanding basil belajar siswa yang merpersepsi biologi sebagai mata pelajaran hafalan. Penelitian ini dilakukan tanggal 1 Februari sarnpai dengan 1 Juni 2002. Untuk menemukan jawaban masalah diawali dengan mengkaji teori, yang kemudian dirumuskan dalam hipotesis sebagai berikut : (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang biologi sebagai mata pelajaran eksperimen dan biologi sebagai mata pelajaran hafalan terhadap basil belajar biologi, (2) basil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran eksperimen lebih baik dibanding basil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran hafalan. Data diambil dari 80 siswa kelas 1 SLTP Negeri 2 Rowokangkung~ Lumajang yang menjadi responden penelitian. Metode pengumpulan data meJiputi metode dokumenter, angket, dan wawancara. Untuk menganilisis data digunakan analisis statistik Uji-Z dengan angka kasar n1 # n2. Hasil analisis data didapatkan harga Z yang disesuaikan dengan area dan ordinat kurva normal adalah 99,98% terdapat dalarn daerah penerimaan hipotesis kerja kurva Two -tailed test 99% dan One-tailed test 99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang biologi sebagai mata pelajaran eksperimen dan biologi sebagai mata petajaran hafalan terhadap basil belajar biologi dan basil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran eksperimen jauh lebih baik dibanding basil belajar siswa yang mempersepsi biologi sebagai mata pelajaran bafalan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61132
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6321]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository