UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS Ill B PADA SUB KONSEP PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF TUMBUHAN 01 SLTP NEGERI I ARJASA SITUBONDO DENGAN PEMBERIAN LKS
Abstract
Fakta di lapangan, khususnya di SLTP Negeri I Arjasa Situbondo
menunjukkan bahwa LKS tidak selalu digunakan dalam proses pernbelajaran
Biologi dan daya serap atau prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi
masih kurang memuaskan.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pembenan
LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada sub konsep
Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan di SLTP Negeri I Situbondo.
Dalam penelitian metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu
metode tes yang berupa tes uraian yang diberikan sebagai ulangan harian.
Metode analisis data didasarkan pada rekapitulasi data kualitatif jawaban
responden terhadap hasil tes dengan cara melihat ketuntasan belajar secara
klasikal dan nilai rata-rata kelas.
Dari data hasil tes didapatkan ketuntasan belajar secara klasikal sebelum
menggunakan LKS 45,8% dan nilai rata-rata kelas 62,2, setelah menggunakan
LKS ketuntasan belajar secara klasikal 87,5% dan nilai rata-rata kelas 75,9.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa peranan LKS dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas III B pada Sub konsep Perkembangbiakan Generatif
Tumbuhan di SL TP Negeri I Arjasa S1tubondo Tahun Pelajaran 2000/200 I.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]