• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI LATIHAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS LL SLTP NEGERI 4 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Bambang Soetrisno.pdf (2.141Mb)
    Date
    2015-01-13
    Author
    Bambang Soetrisno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    penelitian tindakan kelasini dilaksanakan berdasarkan kenyataan ketidakmampuan siswa kelas ll SLTP 4 jember cawu 2, dalam membaca pemahaman utamanya dalam menentukan ide pokok, menentukan ide penjelas dan mencritakan kembali isi bacaan yang telah di baca oleh siswa . untuk mengatasi permasalahan tersebut, masing-masing siswa di beri tugas untuk membaca bergantian melalui media bacaan yang berisi sejumlah informasi yang sudah di tentukan oleh guru. setelah masing- masing siswa membaca bergantian, diharapkan siswa dapat menentukan ide pokok, ide penjelas dan menceritakan kembali isi bacaan tersebut. penelitian tindakan kelas inin untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman melalui latihan membaca intensif.penelitian ini menggunakn rancangan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. masing-masing siklus melalui 4 tahapan (1) merencanakan tndakan (2) melaksankan tindaka (3) mengadakan pengamatan /observasi (4) mengadakan fleksi (diknas, 1997:7) setiap kegiatan dari prasikus sampai siklus l dilaksanakan dua kali tatap muka 2x45 menit.hasil penelitian menunjukkan adanya peningkattan. hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa setelah memperoleh pembelajaran. kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok sebelum diadakan nilai rata rata 57, setelah mendapatkan tindakan pada siklus l nilai meningkat menjadi nilai rata rata 80. kemampuan mencritakan kembali isi bacaan yang dibaca sebelum diadakan yindakan nilai rata rata 57, dan setelah mendapatkan tindakan siklus ll meningkatkan nilai rata rata 77. berdasarkan pengamatan hasil evaluasi yang dilaksanakan pada siklus l dan ll, serta kriteria keberasilan yang di tetapkan dpapat di timbulkan dengn latihan membaca intensif dapat meningkatakan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman siswa kelas ll SLTP 4 jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60958
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository