UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI LATIHAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS LL SLTP NEGERI 4 JEMBER
Abstract
penelitian tindakan kelasini dilaksanakan berdasarkan kenyataan ketidakmampuan siswa kelas ll SLTP 4 jember cawu 2, dalam membaca pemahaman utamanya dalam menentukan ide pokok, menentukan ide penjelas dan mencritakan kembali isi bacaan yang telah di baca oleh siswa . untuk mengatasi permasalahan tersebut, masing-masing siswa di beri tugas untuk membaca bergantian melalui media bacaan yang berisi sejumlah informasi yang sudah di tentukan oleh guru. setelah masing- masing siswa membaca bergantian, diharapkan siswa dapat menentukan ide pokok, ide penjelas dan menceritakan kembali isi bacaan tersebut. penelitian tindakan kelas inin untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman melalui latihan membaca intensif.penelitian ini menggunakn rancangan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. masing-masing siklus melalui 4 tahapan (1) merencanakan tndakan (2) melaksankan tindaka (3) mengadakan pengamatan /observasi (4) mengadakan fleksi (diknas, 1997:7) setiap kegiatan dari prasikus sampai siklus l dilaksanakan dua kali tatap muka 2x45 menit.hasil penelitian menunjukkan adanya peningkattan. hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa setelah memperoleh pembelajaran. kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok sebelum diadakan nilai rata rata 57, setelah mendapatkan tindakan pada siklus l nilai meningkat menjadi nilai rata rata 80. kemampuan mencritakan kembali isi bacaan yang dibaca sebelum diadakan yindakan nilai rata rata 57, dan setelah mendapatkan tindakan siklus ll meningkatkan nilai rata rata 77. berdasarkan pengamatan hasil evaluasi yang dilaksanakan pada siklus l dan ll, serta kriteria keberasilan yang di tetapkan dpapat di timbulkan dengn latihan membaca intensif dapat meningkatakan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman siswa kelas ll SLTP 4 jember.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]