PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SENYUM MEDIA STATIONERY JEMBER
Abstract
Senyum Media Stationery adalah bisnis ritel modern
yang menjual perlengkapan alat tulis dan kantor terlengkap dan termurah di kota
Jember. Seiring dengan perkembangan waktu, Senyum Media Stationery Jember
terus menambah kategori produk yang ditawarkan berupa komputer, peralatan
rumah tangga, kosmetik dan lain sebagainya dengan menerapkan konsep
swalayan. Konsep swalayan ini memberikan dampak perubahan yang harus
dilakukan pada penataan produk dan layout toko. Perubahan ini tentunya akan
memiliki dampak pada store atmosphere Senyum Media Stationery Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh exterior, general interior, store
layout, dan interior display terhadap minat beli konsumen pada Senyum Media
Stationery Jember.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan jenis penelitian explanatory reseach. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh pengunjung Senyum Media Stationery Jember. Jumlah sampel yang
ditetapkan sebanyak 170 responden dengan menggunakan metode purposive
sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda dengan pendekatan konfirmatori. Hasil dari penelitian menunjukkan
bahwa variabel exterior dan interior display berpengaruh signifikan terhadap
minat beli konsumen pada Senyum Media Stationery Jember. Sedangkan general
interior dan store layout tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli
konsumen pada Senyum Media Stationery Jember. Sehingga, pihak manajemen
Senyum Media Stationery Jember seharusnya menciptakan image toko dan
penataan produk yang lebih baik lagi untuk mendorong minat beli konsumennya.