dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Struktur pasar yang
terbentuk pada pasar ubi kayu, (2) Perilaku pasar yang terbentuk pada pasar ubi
kayu, (3) Kinerja pasar yang dilihat dari saluran pemasaran dan efisiensi pasar di
Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Penentuan daerah
penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Methode) di Desa Jambewungu
Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode deskriptifdan analitik. Populasi yang diteliti ada dua, yaitu petani
ubi kayu dan lembaga pemasaran yang terlibat pada pasar ubi kayu.Pengambilan
sampel pada petani diambil dengan metode Purposive Sampling, dan pada
lembaga pemasaran diambil dengan metode Snow Ball Sampling. Penelitian ini
menggunakan data primer dan sekunder.Metode analisis yang digunakan
adalahKonsentrasi rasio (Cr), deskriptif kualitatif dengan melihat kegiatan yang
tercipta pada lembaga pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) struktur pasar yang terjadi di Desa
Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso adalah pasar persaingan
tidak sempurna yang cenderung mengarah pada sifat monopoli konsentrasi tinggi
dengan nilai CR4 sebesar 95,22 %, (2) perilaku pasar yang terjadi pada pasar ubi
kayu yaitu pada penentuan harga lebih banyak ditentukan oleh pedagang dan tidak
ada kerjasama antar pedagang, (3) kinerja pasar yang dilihat dari efisiensi pasar
menunjukkan bahwa saluran kedua yaitu petani-pedagang-pembuat tape
merupakan saluran yang paling efisien dengan nilai EP (Efisiensi Pemasaran)
sebesar 8,9%, Margin sebesar Rp. 486.956,52, share biaya dan share keuntungan
sebesar 8,9% dan 24,5% | en_US |