• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS STRUKTUR DAN PERILAKU SERTA KINERJA PASARUBI KAYU DI DESA JAMBEWUNGU KECAMATAN WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Navisa - 091510601053_1.pdf (85.31Kb)
    Date
    2014-11-05
    Author
    Siti Navisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Struktur pasar yang terbentuk pada pasar ubi kayu, (2) Perilaku pasar yang terbentuk pada pasar ubi kayu, (3) Kinerja pasar yang dilihat dari saluran pemasaran dan efisiensi pasar di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Methode) di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptifdan analitik. Populasi yang diteliti ada dua, yaitu petani ubi kayu dan lembaga pemasaran yang terlibat pada pasar ubi kayu.Pengambilan sampel pada petani diambil dengan metode Purposive Sampling, dan pada lembaga pemasaran diambil dengan metode Snow Ball Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder.Metode analisis yang digunakan adalahKonsentrasi rasio (Cr), deskriptif kualitatif dengan melihat kegiatan yang tercipta pada lembaga pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) struktur pasar yang terjadi di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso adalah pasar persaingan tidak sempurna yang cenderung mengarah pada sifat monopoli konsentrasi tinggi dengan nilai CR4 sebesar 95,22 %, (2) perilaku pasar yang terjadi pada pasar ubi kayu yaitu pada penentuan harga lebih banyak ditentukan oleh pedagang dan tidak ada kerjasama antar pedagang, (3) kinerja pasar yang dilihat dari efisiensi pasar menunjukkan bahwa saluran kedua yaitu petani-pedagang-pembuat tape merupakan saluran yang paling efisien dengan nilai EP (Efisiensi Pemasaran) sebesar 8,9%, Margin sebesar Rp. 486.956,52, share biaya dan share keuntungan sebesar 8,9% dan 24,5%
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60001
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4363]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository