PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS IT POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Abstract
Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis IT menggunakan desain model
pengembangan perangkat pembelajaran 4-D telah dikembangkan oleh Thiagarajan,
Semmel & Semmel yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design,
develop, dan disseminate. Namun, desain penelitian pengembangan ini dibatasi
sampai pada ketiga tahapan yaitu define, design, dan develop karena keterbatasan
biaya dan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan lembar angket. Metode
perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, tes, dan pemberian angket.
Data yang didapatkan adalah validasi logic, hasil belajar, dan respon siswa.
Pertama, hasil validasi logic untuk bahan ajar interaktif berbasis IT kelas
VIII F adalah 3,91 dikatakan cukup valid dan dan layak digunakan untuk uji
pengembangan. Kedua, secara keseluruhan hasil belajar siswa yang meliputi
kognitif produk, psikomotor dan afektif menunjukkan persentase yang baik setelah
menggunakan bahan ajar berbasis IT selama kegiatan pembelajaran. Hal ini terbukti
dari rekapitulasi data nilai hasil belajar siswa sebesar 88,02% setelah menggunakan
bahan ajar interaktif berbasis IT kelas VIII F. Ketiga, respon siswa meliputi
ketertarikan, pemahaman, pengoperasian, rasa senang dan bosan, minat, bahasa,
serta tampilan bahan ajar inetraktif berbasis IT. Secara keseluruhan respon siswa
berdasarkan pada hasil angket menunjukkan kategori persentase yang positif. Hal ini
terbukti dari rekapitulasi data rata-rata respon siswa sebesar 71,5% terhadap
seluruh aspek, siswa merespon positif setelah pembelajaran menggunakan bahan
ajar berbasis IT pada pokok bahasan getaran dan gelombang pada pembelajaran IPA
di SMP.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan yaitu (1)
validitas bahan ajar interaktif berbasis IT dikatakan cukup valid dan layak digunakan
untuk uji pengembangan, (2) hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Jember
dikatakan baik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar
interaktif berbasis IT, dan (3) siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Jember merespon
positif pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar interaktif berbasis IT.