Show simple item record

dc.contributor.authorSri Kurniawati
dc.date.accessioned2014-11-03T03:53:17Z
dc.date.available2014-11-03T03:53:17Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM090210102048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59903
dc.description.abstractPengembangan bahan ajar interaktif berbasis IT menggunakan desain model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D telah dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, desain penelitian pengembangan ini dibatasi sampai pada ketiga tahapan yaitu define, design, dan develop karena keterbatasan biaya dan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan lembar angket. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, tes, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi logic, hasil belajar, dan respon siswa. Pertama, hasil validasi logic untuk bahan ajar interaktif berbasis IT kelas VIII F adalah 3,91 dikatakan cukup valid dan dan layak digunakan untuk uji pengembangan. Kedua, secara keseluruhan hasil belajar siswa yang meliputi kognitif produk, psikomotor dan afektif menunjukkan persentase yang baik setelah menggunakan bahan ajar berbasis IT selama kegiatan pembelajaran. Hal ini terbukti dari rekapitulasi data nilai hasil belajar siswa sebesar 88,02% setelah menggunakan bahan ajar interaktif berbasis IT kelas VIII F. Ketiga, respon siswa meliputi ketertarikan, pemahaman, pengoperasian, rasa senang dan bosan, minat, bahasa, serta tampilan bahan ajar inetraktif berbasis IT. Secara keseluruhan respon siswa berdasarkan pada hasil angket menunjukkan kategori persentase yang positif. Hal ini terbukti dari rekapitulasi data rata-rata respon siswa sebesar 71,5% terhadap seluruh aspek, siswa merespon positif setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis IT pada pokok bahasan getaran dan gelombang pada pembelajaran IPA di SMP. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan yaitu (1) validitas bahan ajar interaktif berbasis IT dikatakan cukup valid dan layak digunakan untuk uji pengembangan, (2) hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Jember dikatakan baik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar interaktif berbasis IT, dan (3) siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Jember merespon positif pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar interaktif berbasis IT.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102048;
dc.subjectBerbasis IT, Bahasan Getaran dan Gelombang, Pembelajaran IPAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS IT POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record