• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS IT POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Sri Kurniawati - 090210102048_1.pdf (221.3Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Sri Kurniawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis IT menggunakan desain model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D telah dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, desain penelitian pengembangan ini dibatasi sampai pada ketiga tahapan yaitu define, design, dan develop karena keterbatasan biaya dan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan lembar angket. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, tes, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi logic, hasil belajar, dan respon siswa. Pertama, hasil validasi logic untuk bahan ajar interaktif berbasis IT kelas VIII F adalah 3,91 dikatakan cukup valid dan dan layak digunakan untuk uji pengembangan. Kedua, secara keseluruhan hasil belajar siswa yang meliputi kognitif produk, psikomotor dan afektif menunjukkan persentase yang baik setelah menggunakan bahan ajar berbasis IT selama kegiatan pembelajaran. Hal ini terbukti dari rekapitulasi data nilai hasil belajar siswa sebesar 88,02% setelah menggunakan bahan ajar interaktif berbasis IT kelas VIII F. Ketiga, respon siswa meliputi ketertarikan, pemahaman, pengoperasian, rasa senang dan bosan, minat, bahasa, serta tampilan bahan ajar inetraktif berbasis IT. Secara keseluruhan respon siswa berdasarkan pada hasil angket menunjukkan kategori persentase yang positif. Hal ini terbukti dari rekapitulasi data rata-rata respon siswa sebesar 71,5% terhadap seluruh aspek, siswa merespon positif setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis IT pada pokok bahasan getaran dan gelombang pada pembelajaran IPA di SMP. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan yaitu (1) validitas bahan ajar interaktif berbasis IT dikatakan cukup valid dan layak digunakan untuk uji pengembangan, (2) hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Jember dikatakan baik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar interaktif berbasis IT, dan (3) siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Jember merespon positif pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar interaktif berbasis IT.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59903
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository