• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI INKUIRI SOSIAL (SOCIAL INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Lukitha Sari - 100210302051_1.pdf (386.6Kb)
    Date
    2014-10-31
    Author
    Dewi Lukitha Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Persentase klasikal pada siklus 1 kemampuan berpikir kritis peserta didik mencapai 51,28%. Persentase klasikal pada siklus 2 meningkat 16,28% sehingga menjadi 67,56%. Persentase klasikal pada siklus 3 meningkat 7,44% menjadi 75% . Siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh rata-rata klasikal 75,28 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 74,36%, pada siklus 2 rata-rata klasikal 79,46 dan persentase ketuntasan klasikal 79,49% sehingga meningkat 6,90%, pada siklus 3 rata-rata klasikal 85,51 dan persentase ketuntasan klasikal 84,61% sehingga meningkat 6,45%. Pada siklus 1 hasil belajar aspek psikomotorik memperoleh persentase sebesar 53,66%, pada siklus 2 meningkat 10,81% menjadi 64,47% dan pada siklus 3 meningkat 11,26% menjadi 75,73%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan strategi inkuiri sosial dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IPA 3 SMAN 2 Tanggul Tahun Ajaran 2013/2014; (2) penerapan strategi inkuiri sosial dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 3 SMAN 2 Tanggul Tahun Ajaran 2013/2014. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sosial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59832
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository