ANALISIS PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA WARUNG LESEHAN BAMBU KUNING DI KECAMATAN BANGSALSARI JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan didepan,
maka kesimpulan didalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a). variabel
pelayanan prima yaitu kemampuan berpengaruhositif signifikan terhadap kepuasan.
b).variabel pelayanan prima yaitu sikap berpengaruh positif signifikan terhadap
kepuasan. c).variabel pelayanan prima yaitu penampilan berpengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan. d).variabel pelayanan prima yaitu perhatian
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan. e).variabel pelayanan prima yaitu
tindakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan. Berpengaruhnya
pelayanan prima berupa tindakan karyawan mengindikasikan bahwa tindakan yang
ada pada diri karyawan Warung Lesehan Bambu Kuning di Kecamatan Bangsalsari
Jember akan membentuk perilaku dalam bertindak sehingga dapat meningkatkan
kepuasan. f)variabel pelayanan prima yaitu tanggungjawab berpengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan. Signifikannya tanggungjawab terhadap kepuasan
Warung Lesehan Bambu Kuning di Kecamatan Bangsalsari Jember dikarenakan
karyawan mengkonfirmasi ulang menu sebelum dimasak, mengganti menu yang tidak
sesuai dan keamanan dan halalnya makanan. g).variabel pelayanan prima yaitu
kemampuan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini
mengindikasikan bahwa semakin tinggi kemampuan yang dimiliki karyawan dalam
melayani konsumen, maka loyalitas pelanggan pun akan meningkat.h).variabel
pelayanan prima yaitu sikap berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas
pelanggan. i). variabel pelayanan prima yaitu penampilan berpengaruh positif
signifikan terhadap loyalitas pelanggan. j).variabel pelayanan prima yaitu perhatian
berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. k).variabel pelayanan
prima yaitu tindakan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal
ini mengindikasikan bahwa semakin baik tindakan yang dimiliki karyawan dalam
melayani konsumen, maka loyalitas pelanggan pun akan meningkat. l). variabel
pelayanan prima yaitu tanggungjawab berpengaruh positif signifikan terhadap
kepuasan. m). kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Hal ini mengindikasikan bahwa konsumen tidak mengeluh atau memberikan saran,
berminat melakukan pembelian ulang dan kepuasan terhadap keseluruhan pelayanan
yang diberikan, sehingga memiliki memiliki loyalitas, melakukan pembelian secara
teratur, merekomendasikan kepada orang lain dan tidak melakukan pertimbangan
dalam melakukan pembelian ulang makanan.