Show simple item record

dc.contributor.authorDYAN ANJAR DWI FRIANTORO
dc.date.accessioned2014-07-14T01:18:34Z
dc.date.available2014-07-14T01:18:34Z
dc.date.issued2014-07-14
dc.identifier.nimNIM070210201098
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58227
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian ini dilakukan di KF Rasa Mala 14 Dusun Lamparan Desa Kertosari kecamatan Pakusari Kabupaten Jember dengan responden sebanyak 16 orang yang diambil dengan menggunakan teknik populasi sampling dengan menggunakan metode purposive area. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari penghitungan hasil angket sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang (Rang Difference Corelation) dengan bantuan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 15. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat korelasi antara Metode Mengajar Tutor dengan Motivasi Belajar Warga Belajar sebesar 0.767 sebagai rhitung. Nilai ini lebih besar dari rtabel untuk N=16 orang dengan tingkat kepercayaan 95% sebesar 0.506, sehingga hasil yang diperoleh signifikan yaitu Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Kerja (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari 16 responden (metode mengajar tutor), terdapat kontribusi yang besar terhadap motivasi belajar warga belajar. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini : adalah terdapat Kontribusi Metode Mengajar Tutor Terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Rasa Mala 14 Di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Berkenaan dengan penelitian maka saran yang diberikan bagi tutor diharapkan untuk selalu meningkatkan strategi pembelajarannya serta memberikan semangat dan motivasi terhadap warga belajar; bagi warga belajar diharapkan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran serta diharapkan untuk lebih ditingkatkan lagi kemampuan belajarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201098;
dc.subjectMetode Mengajar Tutor, Motivasi Belajar, Belajar Keaksaraanen_US
dc.titleKONTRIBUSI METODE MENGAJAR TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL RASA MALA 14 DESA KERTOSARI KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record