• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KONTRIBUSI METODE MENGAJAR TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL RASA MALA 14 DESA KERTOSARI KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    DYAN ANJAR DWI FRIANTORO - 070210201098_1.pdf (349.5Kb)
    Date
    2014-07-14
    Author
    DYAN ANJAR DWI FRIANTORO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian ini dilakukan di KF Rasa Mala 14 Dusun Lamparan Desa Kertosari kecamatan Pakusari Kabupaten Jember dengan responden sebanyak 16 orang yang diambil dengan menggunakan teknik populasi sampling dengan menggunakan metode purposive area. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari penghitungan hasil angket sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang (Rang Difference Corelation) dengan bantuan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 15. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat korelasi antara Metode Mengajar Tutor dengan Motivasi Belajar Warga Belajar sebesar 0.767 sebagai rhitung. Nilai ini lebih besar dari rtabel untuk N=16 orang dengan tingkat kepercayaan 95% sebesar 0.506, sehingga hasil yang diperoleh signifikan yaitu Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Kerja (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari 16 responden (metode mengajar tutor), terdapat kontribusi yang besar terhadap motivasi belajar warga belajar. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini : adalah terdapat Kontribusi Metode Mengajar Tutor Terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Rasa Mala 14 Di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Berkenaan dengan penelitian maka saran yang diberikan bagi tutor diharapkan untuk selalu meningkatkan strategi pembelajarannya serta memberikan semangat dan motivasi terhadap warga belajar; bagi warga belajar diharapkan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran serta diharapkan untuk lebih ditingkatkan lagi kemampuan belajarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58227
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository