• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Novelensia - 100210102018_1.pdf (317.9Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Novelensia Erlavianda Tarita Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran fisika menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai metode eksperimen pada pertemuan 1 diperoleh presentase sebesar 79.1 % dengan kriteria aktif dan pertemuan 2 diperoleh presentase sebesar 86.07 % dengan kriteria sangat aktif. Sehingga diperoleh presentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 82.55 %. Hasil belajar diperoleh dari nilai pre-test siswa kemudian dianalisis menggunakan perhitungan uji t dengan bantuan SPSS 16.0. Pengujian hipotesis menyatakan jika thitung > ttabel atau Sig. (1-tailed) < α dengan taraf signifikansi 5% maka ditolak (Ha diterima) dan sebaliknya jika thitung < ttabel atau Sig. (1-tailed) > α dengan taraf signifikansi 5% maka diterima (Ha ditolak). Dari hasil perhitungan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 atau < 0.05. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan sehingga nilai Sig. (1-tailed) yaitu 0.001 dibagi 2 dan diperoleh Sig. (1-tailed) sebesar 0.0005 dan thitung sebesar 3.348 harga ini dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = 63 pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh ttabel sebesar 1.98, maka diperoleh thitung > ttabel (3.348 > 1.98). Dengan demikian dari hasil tersebut maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya skor hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together disertai metode eksperimen dapat digunakan sebagai informasi dan alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar mata pelajaran fisika serta dapat memperbaiki hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58192
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository