Show simple item record

dc.contributor.authorNovelensia Erlavianda Tarita Putri
dc.date.accessioned2014-07-11T03:45:14Z
dc.date.available2014-07-11T03:45:14Z
dc.date.issued2014-07-11
dc.identifier.nimNIM100210102018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58192
dc.description.abstractHasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran fisika menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai metode eksperimen pada pertemuan 1 diperoleh presentase sebesar 79.1 % dengan kriteria aktif dan pertemuan 2 diperoleh presentase sebesar 86.07 % dengan kriteria sangat aktif. Sehingga diperoleh presentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 82.55 %. Hasil belajar diperoleh dari nilai pre-test siswa kemudian dianalisis menggunakan perhitungan uji t dengan bantuan SPSS 16.0. Pengujian hipotesis menyatakan jika thitung > ttabel atau Sig. (1-tailed) < α dengan taraf signifikansi 5% maka ditolak (Ha diterima) dan sebaliknya jika thitung < ttabel atau Sig. (1-tailed) > α dengan taraf signifikansi 5% maka diterima (Ha ditolak). Dari hasil perhitungan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 atau < 0.05. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan sehingga nilai Sig. (1-tailed) yaitu 0.001 dibagi 2 dan diperoleh Sig. (1-tailed) sebesar 0.0005 dan thitung sebesar 3.348 harga ini dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = 63 pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh ttabel sebesar 1.98, maka diperoleh thitung > ttabel (3.348 > 1.98). Dengan demikian dari hasil tersebut maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya skor hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together disertai metode eksperimen dapat digunakan sebagai informasi dan alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar mata pelajaran fisika serta dapat memperbaiki hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210102018;
dc.subjectNumbered Heads Together (NHT), Metode Eksperimen, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record