PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa
selama proses pembelajaran fisika menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Heads Together (NHT) disertai metode eksperimen pada pertemuan 1
diperoleh presentase sebesar 79.1 % dengan kriteria aktif dan pertemuan 2 diperoleh
presentase sebesar 86.07 % dengan kriteria sangat aktif. Sehingga diperoleh
presentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 82.55 %.
Hasil belajar diperoleh dari nilai pre-test siswa kemudian dianalisis
menggunakan perhitungan uji t dengan bantuan SPSS 16.0. Pengujian hipotesis
menyatakan jika thitung > ttabel atau Sig. (1-tailed) < α dengan taraf signifikansi 5%
maka ditolak (Ha diterima) dan sebaliknya jika thitung < ttabel atau Sig. (1-tailed) > α
dengan taraf signifikansi 5% maka diterima (Ha ditolak). Dari hasil perhitungan
didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 atau < 0.05. Pengujian hipotesis yang
digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan sehingga nilai Sig. (1-tailed) yaitu
0.001 dibagi 2 dan diperoleh Sig. (1-tailed) sebesar 0.0005 dan thitung sebesar 3.348
harga ini dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = 63 pada taraf signifikansi 5%
sehingga memperoleh ttabel sebesar 1.98, maka diperoleh thitung > ttabel (3.348 > 1.98).
Dengan demikian dari hasil tersebut maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima yang artinya skor hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi
dari kelas kontrol.
Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran fisika
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together
disertai metode eksperimen dapat digunakan sebagai informasi dan alternatif
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar mata pelajaran fisika serta dapat
memperbaiki hasil belajar siswa.