Aksesibilitas Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Jember (Studi Kasus di SLB C TPA Bagian Tunagrahita Tingkat SDLB/SMPLB/SMALB Jember)
Abstract
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka secara garis
besar dapat disimpulkan bahwa Aksesibilitas Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan
Khusus di Kabupaten Jember (studi kasus SLB-C Bagian Tunagrahita Jember),
Sekolah luar biasa merupakan salah satu aksesibilitas yang diberikan untuk
mempermudah anak berkebutuhan khusus belajar. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui aksesibilitas pendidikan bagi anak
berkebutuhan khusus yang mengambil contoh pada anak tunagrahita di SLB C
Bagian Tunagrahita Jember. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif, penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive, teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara, uji
keabsahan data menggunakan triangulasi, sedangkan untuk menganalisa data yang
dipaparkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus mendapat
perhatian dari pemerintah pusat berupa dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang
diwujudkan berupa perlengkapan sekolah serta peralatan praktek sedangkan dari
pemerintah daerah kurang mendapat perhatian karena hanya sekali mendapat bantuan
berupa meja kursi pada tahun 2007. Dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat
serta adanya kemudahan akses informasi tentang lembaga penyelenggaraan sekolah
memberikan efek bagi orang tua untuk mau mensekolahkan anaknya yang
berkebutuhan khusus di SLB C Bagian Tunagrahita. Sedangkan dari masyarakat
perhatian kepada anak berkebutuhan khusus ditunjukkan dengan adanya tenaga
pendidik yang ahli menangani anak berkebutuhan khusus.