SALURAN PEMASARAN DAN MODAL SOSIAL PETANI KOPI DI DESA KEMIRI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) saluran pemasaran kopi di Desa
Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember terdapat 3 saluran pemasaran yaitu
Saluran I komoditas kopi olah basah (HS labu) dari Petani – Pedagang Pengumpul
- Pedagang Besar – Perusahaan (Sidoarjo) – Amerika, Asia, Eropa. Saluran II
komoditas kopi olah kering (Ose) dari Petani - Pedagang Besar – Perusahaan
(Malang) Amerika, Asia(Jepang, Singapura, Hongkong), Eropa. Saluran III
komoditas kopi olah kering (Ose) dari Petani - Pedagang Besar – Perusahaan
(Surabaya). (2) Nilai margin pemasaran Saluran I sebesar Rp 4.833,33/kilogram
kopi HS labu, Saluran II sebesar Rp 400,00/kilogram kopi ose, Saluran III sebesar
Rp 450,00/kilogram kopi ose. (3) Unsur modal sosial yang berpengaruh terhadap
efisiensi dalam pemasaran komoditas kopi adalah uusur kepercayaan (Trust)
karena dengan adanya kepercayaan mengurangi biaya dalam pemasaran seperti
biaya notaris, materai dan lain sebagainya.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]