• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED-INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH DI KELAS V SD NEGERI GUMUKMAS 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Fisna Vicaning Adhiesty - 100210204078_1.pdf (106.0Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    Tisna Vicaning Adhiesty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based-instruction yang diterapkan dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 65,74% dengan kategori aktif dan pada siklus II secara klasikal mencapai 74,54% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 8,8%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 75,83 dan meningkat pada siklus II mencapai rata-rata 81,11. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 5,28. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model problem basedinstruction dalam pembelajaran PKn pokok bahasan contoh peraturan perundangundangan tingkat pusat dan daerah di kelas V SD Negeri Gumukmas 03 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan model problem based-instruction dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pembelajaran PKn sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57176
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository