PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED-INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH DI KELAS V SD NEGERI GUMUKMAS 03 JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based-instruction
yang diterapkan dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I secara klasikal
mencapai 65,74% dengan kategori aktif dan pada siklus II secara klasikal
mencapai 74,54% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa
secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 8,8%. Hasil belajar siswa pada
siklus I mencapai rata-rata 75,83 dan meningkat pada siklus II mencapai rata-rata
81,11. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke
siklus II sebesar 5,28.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model problem basedinstruction
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan contoh peraturan perundangundangan
tingkat pusat dan daerah di kelas V SD Negeri Gumukmas 03 Jember
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini
adalah pembelajaran dengan model problem based-instruction dapat dijadikan
alternatif bagi guru dalam pembelajaran PKn sebagai upaya dalam peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa.