Show simple item record

dc.contributor.authorTisna Vicaning Adhiesty
dc.date.accessioned2014-04-21T03:22:44Z
dc.date.available2014-04-21T03:22:44Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM100210204078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57176
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based-instruction yang diterapkan dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 65,74% dengan kategori aktif dan pada siklus II secara klasikal mencapai 74,54% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 8,8%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 75,83 dan meningkat pada siklus II mencapai rata-rata 81,11. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 5,28. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model problem basedinstruction dalam pembelajaran PKn pokok bahasan contoh peraturan perundangundangan tingkat pusat dan daerah di kelas V SD Negeri Gumukmas 03 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan model problem based-instruction dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pembelajaran PKn sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204078;
dc.subjectHasil Belajar Siswa, Model Problem Based-Instructionen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED-INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH DI KELAS V SD NEGERI GUMUKMAS 03 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record