MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS IA CAWU 1 DI SLTP NEGERI 1 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2000/2001
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui pola kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan dan untuk mendapatkan tehnik penerapan pembelajaran remidi yang tepat dan mudah untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan. Subyek penelitian terdiri siswa kelas lA SLTPN Ledokombo Kalisat Jember. Tindakan penelitian pada siklus I adalah pengajaran ulang operasi penjumlahan dan pengurangna pada pecahan dengan menggunakan metode ekpositori dengan menekankan pada latihan soal-soal. Tindakan penelitian pada siklus 2 adalan pengajaran ulang operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan menggunakan metode tanyaJawab.
Untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa maka dipilih 5 siswa
yang banyak rnelakukan kesalahan sebagai w'akil dari 40 siswa. Setelah dilakukan wawancara dengan ke lima siswa diatas yang berhubungan dengan kesalahan yang dilakukannya, maka pola kesalahan dari siswa kelas I A SLTPN Ledokombo Kalisat adalah:
a menentukan KPK masing-musmg penyebut·.
b menentukan pecahan senilai dari pecahan yang akan dioperasikan;
c menganggap bahwa operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan
sama dengan operasi penjumlahan dan pengurangan pada operast bilangan
bulat:
d menterjemahkan kalimat matematika, misalnya penjumlahan dianggap sebagai
pengurangan dan sebaliknya:
e ketidaktelitian dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat.