Show simple item record

dc.contributor.authorPujihadi
dc.date.accessioned2014-04-04T00:58:45Z
dc.date.available2014-04-04T00:58:45Z
dc.date.issued2014-04-04
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56747
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk rnengetahui pola kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan dan untuk mendapatkan tehnik penerapan pembelajaran remidi yang tepat dan mudah untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan. Subyek penelitian terdiri siswa kelas lA SLTPN Ledokombo Kalisat Jember. Tindakan penelitian pada siklus I adalah pengajaran ulang operasi penjumlahan dan pengurangna pada pecahan dengan menggunakan metode ekpositori dengan menekankan pada latihan soal-soal. Tindakan penelitian pada siklus 2 adalan pengajaran ulang operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan menggunakan metode tanyaJawab. Untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa maka dipilih 5 siswa yang banyak rnelakukan kesalahan sebagai w'akil dari 40 siswa. Setelah dilakukan wawancara dengan ke lima siswa diatas yang berhubungan dengan kesalahan yang dilakukannya, maka pola kesalahan dari siswa kelas I A SLTPN Ledokombo Kalisat adalah: a menentukan KPK masing-musmg penyebut·. b menentukan pecahan senilai dari pecahan yang akan dioperasikan; c menganggap bahwa operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan sama dengan operasi penjumlahan dan pengurangan pada operast bilangan bulat: d menterjemahkan kalimat matematika, misalnya penjumlahan dianggap sebagai pengurangan dan sebaliknya: e ketidaktelitian dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectMengatasi Kesalahan, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahanen_US
dc.titleMENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS IA CAWU 1 DI SLTP NEGERI 1 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2000/2001en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record