• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS IA CAWU 1 DI SLTP NEGERI 1 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2000/2001

    Thumbnail
    View/Open
    Pujihadi 990210101409-p_1.pdf (589.7Kb)
    Date
    2014-04-04
    Author
    Pujihadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui pola kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan dan untuk mendapatkan tehnik penerapan pembelajaran remidi yang tepat dan mudah untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan. Subyek penelitian terdiri siswa kelas lA SLTPN Ledokombo Kalisat Jember. Tindakan penelitian pada siklus I adalah pengajaran ulang operasi penjumlahan dan pengurangna pada pecahan dengan menggunakan metode ekpositori dengan menekankan pada latihan soal-soal. Tindakan penelitian pada siklus 2 adalan pengajaran ulang operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan menggunakan metode tanyaJawab. Untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa maka dipilih 5 siswa yang banyak rnelakukan kesalahan sebagai w'akil dari 40 siswa. Setelah dilakukan wawancara dengan ke lima siswa diatas yang berhubungan dengan kesalahan yang dilakukannya, maka pola kesalahan dari siswa kelas I A SLTPN Ledokombo Kalisat adalah: a menentukan KPK masing-musmg penyebut·. b menentukan pecahan senilai dari pecahan yang akan dioperasikan; c menganggap bahwa operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan sama dengan operasi penjumlahan dan pengurangan pada operast bilangan bulat: d menterjemahkan kalimat matematika, misalnya penjumlahan dianggap sebagai pengurangan dan sebaliknya: e ketidaktelitian dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56747
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository