• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Lailatul Haniyah - 080210192012_1.pdf (838.3Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Lailatul Haniyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan observasi saat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen di kelas eksperimen dan analisis data ratarata aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa kriteria aktivitas siswa tergolong aktif. Dari hasil observasi dan hasil analisis rata-rata aktivitas belajar siswa diperoleh urutan persentase rata-rata aktivitas siswa dari tertinggi hingga terendah pada masing-masing indikator yaitu; Keaktifan Mengerjakan Tugas dalam Hal ini LKS, Menjawab pertanyaan, Berdiskusi, Bertanya. Berdasarkan hasil analisa data dan pengujian hipotesis dengan uji Independent Samples T-Test untuk mengetahui pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil yang diperoleh menunjukan Sig. = 0,000/2 = 0,000, artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kreiteria aktivitas belajar siswa tergolong aktif dan hasil belajar siswa fisika siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) disertai metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56457
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository