MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA SMP
Abstract
Berdasarkan observasi saat pembelajaran menggunakan model kooperatif
tipe NHT disertai metode eksperimen di kelas eksperimen dan analisis data ratarata
aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa kriteria aktivitas siswa tergolong
aktif. Dari hasil observasi dan hasil analisis rata-rata aktivitas belajar siswa
diperoleh urutan persentase rata-rata aktivitas siswa dari tertinggi hingga terendah
pada masing-masing indikator yaitu; Keaktifan Mengerjakan Tugas dalam Hal ini
LKS, Menjawab pertanyaan, Berdiskusi, Bertanya.
Berdasarkan hasil analisa data dan pengujian hipotesis dengan uji
Independent Samples T-Test untuk mengetahui pengaruh hasil belajar antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Hasil yang diperoleh menunjukan Sig. = 0,000/2 =
0,000, artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Hal ini berarti bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas
eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat ditarik kesimpulan
bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kreiteria aktivitas
belajar siswa tergolong aktif dan hasil belajar siswa fisika siswa menggunakan
model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) disertai metode eksperimen
lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di
sekolah.