Show simple item record

dc.contributor.authorLailatul Haniyah
dc.date.accessioned2014-03-27T02:22:01Z
dc.date.available2014-03-27T02:22:01Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.nimNIM080210192012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56457
dc.description.abstractBerdasarkan observasi saat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen di kelas eksperimen dan analisis data ratarata aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa kriteria aktivitas siswa tergolong aktif. Dari hasil observasi dan hasil analisis rata-rata aktivitas belajar siswa diperoleh urutan persentase rata-rata aktivitas siswa dari tertinggi hingga terendah pada masing-masing indikator yaitu; Keaktifan Mengerjakan Tugas dalam Hal ini LKS, Menjawab pertanyaan, Berdiskusi, Bertanya. Berdasarkan hasil analisa data dan pengujian hipotesis dengan uji Independent Samples T-Test untuk mengetahui pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil yang diperoleh menunjukan Sig. = 0,000/2 = 0,000, artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kreiteria aktivitas belajar siswa tergolong aktif dan hasil belajar siswa fisika siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) disertai metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192012;
dc.subjectNHT (Numbered Head Together), Metode Eksperimenen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record