• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS V SDN SUMBERSARI 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Silvia Dwi Prastiwi - 100210204004_1.pdf (144.9Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    SILVIA DWI PRASTIWI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sumbersari 03 Jember, dimulai pada 25 November 2013 sampai 2 Desember 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sumbersari 03 Jember dengan jumlah siswa 35 siswa, terdiri dari 20 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan model Think, Talk, Write (TTW) berbantuan media gambar berseri pada siklus I belum maksimal dari aspek berbicara (Talk), guru kurang mampu memberikan pertanyaan yang bervariasi sehingga siswa kurang aktif dalam memberikan pendapatnya. Hasil belajar pada siklus I juga belum mencapai ketuntasan, karena sebelumnya tidak ada simulasi sebelum pelaksanaan tindakan. Siklus II penerapan model TTW berbantuan media gambar berseri sudah baik. Guru sudah mampu memberikan pertanyaan yang bervariasi dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan, karena sebelumnya diadakan simulasi. Hasil analisis hasil belajar setelah diterapkan model TTW berbantuan media gambar berseri yaitu pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 55,4 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 65 sebanyak 11 siswa dengan persentase 31,5%. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa 65,4 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 65 sebanyak 23 siswa dengan persentase 65,7%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa 72,2 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 65 sebanyak 33 siswa dengan persentase 94,2%. Maka hasil dari penelitian penerapan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Sumbersari 03 Jember. Disarankan agar guru kelas dapat menerapkan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) berbantuan media gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis karangan narasi ekspositoris agar model dan media pembelajaran yang diberikan dapat bervariasi dan dapat meningkatkan kemampuan serta menumbuhkan minat menulis siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56355
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository