PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS V SDN SUMBERSARI 03 JEMBER
Abstract
Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sumbersari 03
Jember, dimulai pada 25 November 2013 sampai 2 Desember 2013. Subyek
penelitian adalah siswa kelas V SDN Sumbersari 03 Jember dengan jumlah siswa 35
siswa, terdiri dari 20 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Penerapan model Think, Talk, Write (TTW) berbantuan media gambar berseri
pada siklus I belum maksimal dari aspek berbicara (Talk), guru kurang mampu
memberikan pertanyaan yang bervariasi sehingga siswa kurang aktif dalam
memberikan pendapatnya. Hasil belajar pada siklus I juga belum mencapai
ketuntasan, karena sebelumnya tidak ada simulasi sebelum pelaksanaan tindakan.
Siklus II penerapan model TTW berbantuan media gambar berseri sudah baik. Guru
sudah mampu memberikan pertanyaan yang bervariasi dan hasil belajar siswa
mencapai ketuntasan, karena sebelumnya diadakan simulasi. Hasil analisis hasil
belajar setelah diterapkan model TTW berbantuan media gambar berseri yaitu pada
tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 55,4 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 65
sebanyak 11 siswa dengan persentase 31,5%. Pada siklus I hasil belajar siswa
mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa 65,4 dan siswa yang tuntas dengan
nilai ≥ 65 sebanyak 23 siswa dengan persentase 65,7%. Pada siklus II juga
mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa 72,2 dan siswa yang tuntas dengan
nilai ≥ 65 sebanyak 33 siswa dengan persentase 94,2%. Maka hasil dari penelitian
penerapan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) berbantuan media gambar
berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN
Sumbersari 03 Jember. Disarankan agar guru kelas dapat menerapkan model
pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) berbantuan media gambar berseri pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis karangan narasi ekspositoris
agar model dan media pembelajaran yang diberikan dapat bervariasi dan dapat
meningkatkan kemampuan serta menumbuhkan minat menulis siswa.