Show simple item record

dc.contributor.authorNindy Nidaul Lutfiyah
dc.date.accessioned2014-03-21T01:34:38Z
dc.date.available2014-03-21T01:34:38Z
dc.date.issued2014-03-21
dc.identifier.nimNIM090810201200
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56112
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan pada perguruan tinggi bidang ilmu ekonomi yaitu Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh metode pembelajaran dosen terhadap kepuasan mahasiswa. Proses pembelajaran di pendidikan tinggi merupakan interaksi dosen dan mahasiswa yang tidak terlepas dari peran komnikasi. Komunikasi yang diharapkan terjadi dalam pembelajaran dosen dan mahasiswa adalah komunikasi dua arah. Namun, sering kali terjadi dosen kesulitan membangun komunikasi interaktif yang memancing kepedulian ilmiah mahasiswa sehingga komunikasi yang terjadi hanyalah komunikasi satu arah. Namun, permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran tidak hanya dikarenakan komunikasi satu arah tetapi juga keadaan lingkungan luar kelas serta kondisi kelas. Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak puas mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Padahal, mahasiswa yang puas terhadap kualitas jasa perguruan tingginya akan tetap bertahan dan menjaga hubungan jangka panjang dengan almamaternya. Manfaat terciptanya kepuasaan mahasiswa dalam proses pembelajaran, diantaranya memotivasi mahasiswa untuk memberikan prestasi terbaik, membentuk promosi dari mulut ke mulut untuk masyarakat yang ingin memilih perguruan tinggi, menarik minat masyarakat tanpa melihat biaya yang akan dikeluarkan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan kepada 276 responden. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember Program S1 Manajemen angkatan 2010-2012. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode Multistage sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Logistik Biner. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode pembelajaran dapat memprediksi kepuasan mahasiswa. Namun, tidak semua variabel metode pembelajaran dapat memprediksi kepuasan mahasiswa, hanya beberapa variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu variabel waktu, penampilan, penyampaian materi, fasilitas belajar, tugas-tugas, dan soal ujian. Sedangkan variabel suara dan interaksi secara statistik tidak signifikan, sehingga tidak dapat dijadikan sebagai prediktor kepuasan mahasiswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090810201200;
dc.subjectKepuasan Mahasiswa, Metode Pembelajaran Dosen, Fakultas Ekonomi Universitas Jemberen_US
dc.titleANALISIS KEPUASAN MAHASISWA DITINJAU DARI METODE PEMBELAJARAN DOSEN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record