• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA DITINJAU DARI METODE PEMBELAJARAN DOSEN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Nindy Nidul Lutfiyah - 0908102012200_1.pdf (896.3Kb)
    Date
    2014-03-21
    Author
    Nindy Nidaul Lutfiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan pada perguruan tinggi bidang ilmu ekonomi yaitu Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh metode pembelajaran dosen terhadap kepuasan mahasiswa. Proses pembelajaran di pendidikan tinggi merupakan interaksi dosen dan mahasiswa yang tidak terlepas dari peran komnikasi. Komunikasi yang diharapkan terjadi dalam pembelajaran dosen dan mahasiswa adalah komunikasi dua arah. Namun, sering kali terjadi dosen kesulitan membangun komunikasi interaktif yang memancing kepedulian ilmiah mahasiswa sehingga komunikasi yang terjadi hanyalah komunikasi satu arah. Namun, permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran tidak hanya dikarenakan komunikasi satu arah tetapi juga keadaan lingkungan luar kelas serta kondisi kelas. Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak puas mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Padahal, mahasiswa yang puas terhadap kualitas jasa perguruan tingginya akan tetap bertahan dan menjaga hubungan jangka panjang dengan almamaternya. Manfaat terciptanya kepuasaan mahasiswa dalam proses pembelajaran, diantaranya memotivasi mahasiswa untuk memberikan prestasi terbaik, membentuk promosi dari mulut ke mulut untuk masyarakat yang ingin memilih perguruan tinggi, menarik minat masyarakat tanpa melihat biaya yang akan dikeluarkan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan kepada 276 responden. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember Program S1 Manajemen angkatan 2010-2012. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode Multistage sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Logistik Biner. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode pembelajaran dapat memprediksi kepuasan mahasiswa. Namun, tidak semua variabel metode pembelajaran dapat memprediksi kepuasan mahasiswa, hanya beberapa variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu variabel waktu, penampilan, penyampaian materi, fasilitas belajar, tugas-tugas, dan soal ujian. Sedangkan variabel suara dan interaksi secara statistik tidak signifikan, sehingga tidak dapat dijadikan sebagai prediktor kepuasan mahasiswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56112
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository