• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 J

    Thumbnail
    View/Open
    Lilik Nur Holifah - 090210204166_1.pdf (60.93Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Lilik Nur Holifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    lmu Pengetahuan Sosial Hasil observasi pendahuluan saat proses pembelajaran IPS di kelas IVSDN Sidomukti 02 menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan metode konvensional dan terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga kurang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengkonstruksi pengetahuan secara aktif melalui proses penemuan selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dilakukan kerjasama dengan guru kelas untuk membuat suatu rencana perbaikan pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga merupakan upaya yang ditempuh untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 02 kecamatan Mayang kabupaten Jember pada siswa kelas IV sebanyak 27 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis data untuk ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pelaksanaan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum tindakan siklus dilakukan. Hal ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh sebelum tindakan siklus, siklus I, dan siklus II secara berturutturut masing-masingadalahsebesar30%,74,07%,dan81,48%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS SDN Sidomukti 02. Disarankan agar metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga dapat digunakan sebagai alternative metode pembelajaran yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPS maupun mata pelajaran lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5598
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER 

      Lilik Nur Holifah (2014-01-24)
      lmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial serta berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap, ...
    • Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Dengan Metode Guided Discovery Melalui Permainan Ular Tangga Di SDN Sidomukti 02 Jember 

      Lilik Nur Holifah, Lilik; Misno, Misno; Marjono, Marjono (UNEJ, 2013)
      IPS memiliki tujuan untuk membina siswa agar menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat dan negara. Akan tetapi, dalam ...
    • Kegiatan usaha atau bisnis merupakan suatu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia, organisasi, dan masyarakat secara luas. Tujuan bisnis dibedakan menjadi dua macam sifat, yakni untuk mencari keuntungan Berdasarkan pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu usaha utama yang menentukan pencapaian tujuan perusahaan adalah kegiatan produksi. Produksi dapat diartikan sebagai kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ada. Dalam mekakukan kegiatan produksi, perusahaan membutuhkan sumber-sumber ekonomi yang sering disebut sebagai faktor produksi untuk dilibatkan dalam proses pengolahan suatu produk. Faktor-faktor produksi ini antara lain: manusia sebagai tenaga kerja, uang sebagai sumber dana, material sebagai bahan baku, mesin sebagai alat, dan metode sebagai teknik pelaksanaannya. Semua faktor produksi tersebut merupakan input bagi proses produksi dalam usaha menghasilkan output yang biasa disebut dengan produk, baik berupa barang atau jasa. Agar penggunaan sumber daya tersebut bisa efektif dan dapat dimanfaatkan, maka diperlukan adanya manajemen yang baik. Manajemen merupakan suatu proses yang khas, yang terdiri dari kegiatan-kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian yang dilakukan untuk menemukan serta mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain. 

      DHIMAS HADI CANDRA (2013-12-09)
      Perkembangan perekonomian di Indonesia pada zaman ini mengalami kemajuan yang semakin pesat. Namun dengan adanya perkembangan tersebut maka perubahan kehidupan masyarakatpun semakin dinamika pula. Hal ini dibuktikan ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository