PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 J
Abstract
lmu Pengetahuan Sosial Hasil observasi pendahuluan saat proses pembelajaran IPS di kelas IVSDN Sidomukti 02 menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih
berpusat pada guru. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan metode
konvensional dan terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran. Proses
pembelajaran tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga
kurang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengkonstruksi
pengetahuan secara aktif melalui proses penemuan selama proses pembelajaran
berlangsung. Oleh karena itu, dilakukan kerjasama dengan guru kelas untuk
membuat suatu rencana perbaikan pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran
guided discovery melalui permainan ular tangga merupakan upaya yang ditempuh
untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 02
kecamatan Mayang kabupaten Jember pada siswa kelas IV sebanyak 27 orang
siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Hasil analisis data untuk ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari
pelaksanaan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II menunjukkan
kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum tindakan siklus
dilakukan. Hal ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal
yang diperoleh sebelum tindakan siklus, siklus I, dan siklus II secara berturutturut
masing-masingadalahsebesar30%,74,07%,dan81,48%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular
tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS SDN
Sidomukti 02. Disarankan agar metode pembelajaran guided discovery melalui
permainan ular tangga dapat digunakan sebagai alternative metode pembelajaran
yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPS maupun
mata pelajaran lain.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER
Lilik Nur Holifah (2014-01-24)lmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial serta berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap, ... -
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Dengan Metode Guided Discovery Melalui Permainan Ular Tangga Di SDN Sidomukti 02 Jember
Lilik Nur Holifah, Lilik; Misno, Misno; Marjono, Marjono (UNEJ, 2013)IPS memiliki tujuan untuk membina siswa agar menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat dan negara. Akan tetapi, dalam ... -
Kegiatan usaha atau bisnis merupakan suatu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia, organisasi, dan masyarakat secara luas. Tujuan bisnis dibedakan menjadi dua macam sifat, yakni untuk mencari keuntungan Berdasarkan pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu usaha utama yang menentukan pencapaian tujuan perusahaan adalah kegiatan produksi. Produksi dapat diartikan sebagai kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ada. Dalam mekakukan kegiatan produksi, perusahaan membutuhkan sumber-sumber ekonomi yang sering disebut sebagai faktor produksi untuk dilibatkan dalam proses pengolahan suatu produk. Faktor-faktor produksi ini antara lain: manusia sebagai tenaga kerja, uang sebagai sumber dana, material sebagai bahan baku, mesin sebagai alat, dan metode sebagai teknik pelaksanaannya. Semua faktor produksi tersebut merupakan input bagi proses produksi dalam usaha menghasilkan output yang biasa disebut dengan produk, baik berupa barang atau jasa. Agar penggunaan sumber daya tersebut bisa efektif dan dapat dimanfaatkan, maka diperlukan adanya manajemen yang baik. Manajemen merupakan suatu proses yang khas, yang terdiri dari kegiatan-kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian yang dilakukan untuk menemukan serta mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain.
DHIMAS HADI CANDRA (2013-12-09)Perkembangan perekonomian di Indonesia pada zaman ini mengalami kemajuan yang semakin pesat. Namun dengan adanya perkembangan tersebut maka perubahan kehidupan masyarakatpun semakin dinamika pula. Hal ini dibuktikan ...