• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (167)_1.pdf (144.0Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Lilik Nur Holifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    lmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial serta berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap, dan keterampilan siswa tentang masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Hal ini menunjukkan bahwa IPS selalu berubah-ubah atau dinamis, sehingga diperlukan metode atau model pembelajaran yang variatif dalam menyampaikan materi IPS agar siswa mampu memahami konsep dalam mempelajari IPS yang senantiasa mengalami perubahan. Hasil observasi pendahuluan saat proses pembelajaran IPS di kelas IV SDN Sidomukti 02 menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan metode konvensional dan terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga kurang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengkonstruksi pengetahuan secara aktif melalui proses penemuan selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dilakukan kerjasama dengan guru kelas untuk membuat suatu rencana perbaikan pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga merupakan upaya yang ditempuh untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 02 kecamatan Mayang kabupaten Jember pada siswa kelas IV sebanyak 27 orang ix siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema Hopkins dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidomukti 02 mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Hasil analisis data untuk ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pelaksanaan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum tindakan siklus dilakukan. Hal ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh sebelum tindakan siklus, siklus I, dan siklus II secara berturutturut masing-masing adalah sebesar 30%, 74,07%, dan 81,48%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS SDN Sidomukti 02. Disarankan agar metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga dapat digunakan sebagai alternative metode pembelajaran yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPS maupun mata pelajaran lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22965
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository