• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH TINGKAT AKSESIBILITAS DAN TINGKAT VISIBILITAS DALAM PENENTUAN LOKASI USAHA TERHADAP OMSET PENJUALAN (Studi kasus pada Pedagang Kaki Lima di Jalan Jawa, Jalan Kalimantan, dan Jalan Mastrip area Kampus Universitas Jember Tahun 2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Novita Nurul Islami_1.pdf (363.6Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Novita Nurul Islami
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu pertimbangan yang dapat diambil dalam penentuan lokasi usaha yaitu dengan pertimbangan tingkat aksesibilitas dan tingkat visibilitas. Kebijakan yang tepat diharapkan akan dapat mempengaruhi minat konsumen untuk melakukan pembelian, sehingga akan dapat mencapai target perjualan usaha dan tujuan yang telah ditetapkan yaitu optimalisasi omset penjualan produk. Tingkat aksesibilitas adalah tingkat kemudahan konsumen untuk mencapai suatu lokasi. Menurut Utami (2006:104) untuk menilai tingkat aksesibilitas di antaranya yaitu dengan mempertimbangkan jarak dan kondisi prasarana jalan. Tingkat visibilitas yaitu tingkat kemudahan suatu lokasi untuk dilihat dan dimasuki. Menurut Levy dan Weitz (dalam Jodie, 2009) tingkat visibilitas diukur di antaranya dari indikator lingkungan, posisi, dan kemudahan dilihat. Omset penjualan adalah total penjualan produk di suatu daerah, waktu, di lingkungan pemasaran dan di bawah program pemasaran tertentu (Kotler: 2000: 62). Omset penjualan dalam penelitian ini merupakan perhitungan total dari seluruh penjualan produk yang telah dijual oleh PKL dalam bentuk rupiah pada periode tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada PKL di Jalan Jawa, Jalan Kalimantan, dan Jalan Mastrip area Kampus Universitas Jember. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling area, sedangkan dalam menentukan responden menggunakan teknik sampling random sederhana. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. vii Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan variabel tingkat aksesibilitas dan tingkat visibilitas dalam penentuan lokasi usaha terhadap omset penjualan yaitu sebesar 76,66 %. Secara parsial proporsi sumbangan tingkat aksesibilitas sebesar 39,69 % dan proporsi sumbangan tingkat visibilitas sebesar 36,97 %.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5483
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository